Jumat, 26 November 2010

DATA FAKTA HACKER DAN VIRUS

Pembuat virus dan hacker, mereka menghasilkan uang miliaran Dollar dengan program-program kecil buatan sendiri dan menimbulkan kerugian besar pada PC. Mereka berbahaya? Tentu saja bahkan beberapa dari mereka sangat berbahaya.

Jika dihitung-dihitung, entah berapa banyak uang yang sudah mereka kumpulkan. Kerusakan yang mereka timbulkan pun dipastikan sangat banyak; baik itu komputer, data-data, dan lain-lainnya. Program yang mereka buat sebenarnya tidak besar, cuma kecil, hanya saja dampak yang ditimbulkan tidak pernah akan terpikirkan oleh anda, termasuk saya.

22.000.000
program perusak baru muncul pada tahun 2009. Angka tersebut diklaim oleh Security Provider Panda. Artinya, terdapat 1,8 juta program malware baru setiap bulannya. Dibandingkan dengan tahun 2008, angka program perusak yang beredar meningkat lebih dari 17 menjadi 40 juta.

Umumnya, program tersebut merupakan trojan. Sebagai perbandingan, pada tahun 1995 hanya terdapat 5.000 program perusak. Menurut produsen antivirus BitDefender, program-program tersebut kebanyakan berasal dari China, disusul dari Prancis, dan AS.

Sekitar 45 persen dari seluruh program tersebut menyebar melalui e-mail. Menurut BitDefender, ancaman berbasis web, seperti trojan, spyware, atau rookit akan meningkat pada tahun 2010 ini.


900
varian baru yang ditimbulkan oleh worm Koobface yang umumnya ditujukan pada situs jejaring sosial. Namanya merupakan kebalikan dari Facebook. Worm dan variannya ini sekarang juga menyerang jaringan sosial MySpace, Friendster, Hi5, Bebo, Tagged, Netlog, dan Twitter.

Pertama kali, worm ini muncul pada tahun 2008. Sejak saat itu, worm ini mengirim berita-berita dengan sebuah link trojan ke semua alamat teman yang sudah terinfeksi. Pada tahun 2010 ini, jejaring sosial bakal lebih terancam, demikian menurut beberapa produsen antivirus.


514
modifikasi keluaran virus untuk ponsel muncul pada tahun lalu. Umumnya, hacker menggunakannya untuk pesan SMS. Ponsel yang sudah di-hacked akan melakukan pengiriman ke nomor-nomor premium tanpa diketahui oleh pemilik ponsel.

Pada tahun 2010 ini, smartphone menjadi target utama para hacker, demikian kesimpulan menurut perusahaan keamanan Websense. Berkat akses Internet yang tersedia pada ponsel, hacker bisa melakukan transaksi perbankan.

Hacker tidak hanya mengirim SMS, tetapi juga mengakses daftar alamat atau data lainnya. Selain itu, program perusak ini tidak bisa digunakan dan hacker menjadikannya sebagai remote access.


Hacking Termahal
Hacking yang paling besar sepanjang sejarah terjadi pada April 2009. Hacker mencuri beberapa terabyte data yang berisi tentang informasi jet tempur AS, F-35 Lightning II. Nilainya mencapai 300 Juta Dollar Amerika.


Virus Ponsel
Hampir setengah virus ponsel menginfeksi Symbian OS. Pada tahun 2009, produsen antivirus Kaspersky menganalisis 106 keluarga virus untuk mobil phone.


Konten Spam
Menurut BitDefender, hampir dua pertiga spam e-mail yang menyebar di seluruh dunia berisi topik-topik seputar obat (viagra dan lain-lain).


Perusak Komputer Paling Mahal
Worm komputer paling mahal, MyDoom, menjadi malware yang menyebabkan kerugian ekonomi paling besar.
MyDoom - 38,5 miliar
SoBig - 37,1 miliar
I Love You - 15 miliar.
Code Red - 2 miliar
Melissa - 1,2 miliar
Sasser - 500 juta
SirCam - 460 juta
Nimda - 370 juta
Keterangan: dalam US Dollar
Virus Paling Epidemis
Kebanyakan komputer terinfeksi virus "I Love You".
I Love You - 45 juta komputer
Conficker - 9,15 juta komputer
Storm - 1,10 juta komputer
Code Red - 359 ribu komputer
Sasser - 250 ribu komputer


2.465 Situs baru dengan malware muncul setiap harinya di Internet.
2.000 Virus baru disebarkan oleh hacker setiap harinya.
1 Dari 286 E-mail terinfeksi virus komputer pada tahun 2009.
1.000 Komputer di Jerman terinfeksi program perusak setiap harinya.


Ini Dia! Hacker Paling Terkenal
Kemampuan mereka menarik perhatian dunia. Para hacker terkenal ini sangat kreatif dan tentu saja sangat berbahaya.

1. Robert Morris.
Dia memprogram worm Internet pertama tahun 1988 dengan nama Morris Worm. Saat ini, ia menjadi profesor di MIT.

2. Kevin Mitnict.
Mantan hacker ini menjadi inspirasi pembuat film Wagames.

3. John Draper.
Dengan bantuan dari sebuah peluit dari produk sereal "Cap'n Crunch", dia menjebol sistem telepon.

4. Serge Humpich.
Dia menunjukkan bagaiman mudahnya menjebol EC-Cards dan hasilnya hukuman masa percobaan.

5. Kevin Poulsen.
Dengan menjebol telepon, dia ingin membeli sebuah Porsche 944. Namun, dia malah dipenjara selama 3 tahun.

3 komentar:

Shabrina mengatakan...

bahaya betul! mudahan ngga kena (Amin jangan sampe :p

illusion-design mengatakan...

nice info, sob...

Akukom mengatakan...

Nice Info...
ralat...
Kebin Mitnick...
tu harusnya
Kevin Mitnick...
klo mau lngkapnya.. Kevin David Mitnick...

Blog Archive

Blog Archive