Kamis, 02 Desember 2010

MENCEGAH USER MENGINSTALL PROGRAM

For Win XP

Mungkin banyak dari Anda yang menggunakan satu komputer untuk beberapa orang, seperti komputer warnet, kantor ataupun sekolah. Kadang-kadang Anda yang merupakan adminstartor komputer tersebut sedikit kesal dengan user lain yang seenaknya menginstall program pada komputer tersebut. Timbul keinginana untuk menonaktifkan fungsi install program pada komputer tersebut. Lalu, bagaimana caranya agar user tidak bisa menginstall program pada sebuah komputer?

Ada sebuah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah seorang user melakukan instalasi program pada sebuah komputer. Cara tersebuat adalah dengan memblokir Windows Installer atau yang dikenal dengan Microsoft Installer. Executable file dari program ini adalah msiexec.exe. Namun, perlu saya garis bawahi cara ini hanya mampu mencegah user untuk tidak menginstall program yang installernya berekstensi .msi. Jika setupnya mempunyai ekstensi .exe kemungkinan besar masih bisa dijalankan. Tips ini bisa Anda gunakan di Windows XP, Windows Vista maupun Windows 7.

Cara untuk agar user tidak bisa menginstall program adalah dengan memblokir Windows Installer melalui group policy editor. Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik Start » Run. Ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
2. Pada jendela Group Policy Editor, bukalah Computer Configuration » Administrative Templates » Windows Components » Windows Installer.
3. Di sisi jendela sebelah kanan, klik dua kali (double click) Disable Windows Installer.
Silakan untuk Melihat Gambar:



dunia komputer


4. Pada jendela Disable Windows Installer, pilih opsi Enable kemudian pilih Always pada Disable Windows Installer dropdown box yang disediakan.
Silakan untuk Melihat Gambar:



dunia komputer


5. Klik OK untuk menyimpan perubahan dan menutup jendela Setting.

Kini cobalah untuk menjalankan installer atau setup program yang berekstensi .msi untuk memeriksa apakah setting bekerja. Jika muncul sebuah dialog seperti gambar di bawah ini, berarti Anda telah sukses memblokir Windows Installer.
spoiler

Namun, jika setup program masih berjalan, coba periksa lagi setting tadi dan pastikan semuanya telah sama dengan tutorial yang saya berikan.

NB : Jika ingin seperti semula silakan setting seperti sedia kala



1 komentar:

Mas Arul mengatakan...

pake easy file locker ajjah, install trus ente kasih password. setelah itu ente kunci drive c:/ atau minimal folder program files, hilangin tanda centang pada kolom writable ma deletable

jamin dah nggak da yg bisa install file apapun ....


hehe .... hacker dilawan :p

Blog Archive

Blog Archive