Jumat, 24 Desember 2010

AWAS, PENCURIAN INFORMASI MENGINCAR NASABAH BANK PERMATA

AWAS, PENCURIAN INFORMASI MENGINCAR NASABAH BANK PERMATA

Aksi pencurian informasi atau yang di dunia maya dikenal dengan istilah phising kembali mengincar nasabah bank lokal. Kali ini, sang penjahat cyber menyasar nasabah Bank Permata yang tak waspada. Berhati-hatilah!

Seperti aksi-aksi sebelumnya, modus yang dilakukan pelaku adalah dengan mengirimkan email secara acak dengan harapan surat elektronik itu akan diterima oleh nasabah Bank Permata.

Isi email tersebut lalu meminta nasabah untuk mengunjungi link yang telah disediakan untuk kemudian merayu calon korbannya agar melakukan registrasi ulang. Mereka berdalih, sistem keamanan akun nasabah tidak aktif, jadi untuk mengaktifkannya harus registrasi ulang.

Berikut isi email tersebut.


Dear User,

Your PermataBank online account security is inactive,

but first you have to confirm your registration.

Click here to confirm your registration!

Privacy Department.
PermataBank



Namun awas, meski mengatasnamakan dari Bank Permata, email ini hampir bisa dipastikan cuma akal-akalan penjahat cyber. Lihat saja alamat situs yang dituju, tertulis di http://manuman83400.free.fr/Forum/indo3.htm. Padahal, situs Bank Permata yang asli adalah https://www.permatanet.com/login/login.asp untuk halaman login dan www.permatabank.com untuk homepage-nya.

Jika disandingkan, tampilan situs abal-abal ini hampir mirip dengan halaman login situs Bank Permata aslinya. Namun awas, ini merupakan jebakan yang telah dibuat pelaku agar si calon korban terperdaya, hingga kemudian memasukkan username dan password akun Bank Permata miliknya.

Nah, jika sudah begini, Anda patut was-was. Sebab data sensitif tersebut sudah berpindah tangan. Anda sama saja mengantarkan 'nyawa' akun bank Anda ke tangan penjahat.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive