Senin, 17 Januari 2011

SEGERA HADIR DI 2011

inilah 25 pendatang baru dari dunia IT pada tahun ini. Beberapa diantaranya adalah e-book reader dengan layar warna, TV OLED, dan Windows 8 beta 1.

1. Layar warna untuk E-book Reader
tablet multimedia yang dilengkapio dengan layar warna memang memberikan masalah bagi e-reader. Namun, sekarang perangkat untuk membaca buku digital tersebut dapat memperkuat posisinya. Dengan teknologi e-Ink triton, e-reader ekonomis pun dapat menampilkan koran dan majalah digital dalam format berwarna. Bahkan Amazon Kindle pun akan menawarkan layar warna pada akhir 2011 nanti. E-book reader memang tidak dapat mendesak tablet. Paling tidak, tetap memberikan tempat bagi para banyak penggunanya. Bersamaan dengan itu, e-book reader mulai semarak mulai 2011 nanti, New York Times bakal menawarkan buku digitalnya.

2. Terobosan dari Android.
Tahun lalu, hanya 3,5 persen smartphone menggunakan sistem operasi Android. Namun saat ini 1 dari 4 ponsel menggunakan sistem operasi ini. Kecenderungannya pun meningkat. Target keberhasilan tersebut bukan tidak beralasan. Para produsen tidak lagi harus membayar lisensi, pengguna memperoleh keuntungan dengan OS yang cepat, mudah digunakan, senantiasa berkembang, serta pilihan ponsel yang beragam. Di tahun ini saja, sekitar 500.000 android Apps bakal meluncur ke pasaran.

3. NFC & 3 untuk Smartphone.
NFC (Near Field Communication), teknologi mobile jarak pendek yang sudah established di Jepang, dapat mengubah Smartphone menjadi sarana pembayar, sebagai tiket jalan tol, atau sebagai kunci mobil dan hotel. Wi-Fi direct, sebuah protokol baru untuk koneksi WLAN secara langsung antara dua perangkat, mampu menggantikan bluetooth yang terbilang masih lambat. Data yang dikirim hampir 20 kali lebih cepat. Dengan LTE, penerus 3G, kecepatan download melalui mobile web pun menungkat menjadi dua digit MBit/s. Untuk performa lebih, dapat digunakan prosesor Dual core seperti Nvidia Tegra 2. Bahkan, ponsel dengan layar 3D tanpa kacamata khusus bukan lagi hal yang baru. Biaya pengembangan layar autostereoscopic tidak begitu besar lantaran ukurannya yang kecil, resolusi yang rendah serta pembatasan terhadap satu pengguna saja.

4. Zamannya ponsel nafigasi
Sistem navigasi klasik ini sudah ketinggalan zaman. Ponsel berbasis Android dan Windows kini ditawarkan dengan navigasi online. Bahkan Nokia dilengkapi dengan onboard navigation. Tak mau kalah, produsen perangkat navigasi memberikan smartphone Apps khusus. Misalnya navigon dengan Augmented Realitynya.Dengan software tersebut, informasi seputar gedung atau tempat-tempat mearik berubah menjadi gambar live pada kamera ponsel.

5. Notebook dengan Dual boot & 3D
Permintaan terhadap notebook kalsik tetap meningkat. Berdasarkan hasil riset, pertumbuhannya mencapai sekitar 15 sampai 20 pesen. Namun, Samsung memprediksi angkanya dua kali lebih besar. Beragam perangkat yang akan datang menawarkan layar 3D, sangat cocok untuk game maupun film. Selain itu, dual sistem cukup berhasil, terutama dengan Android. Produsen dapat menawarkan sistem operasi kedua tanpa perlu membayar lisensi.

6. Tablet membanjiri pasar
Apple sukses membuat terobosan dengan tablet pada tahun 2010. Di tahun 2011, beragam tablet baru meluncur ke pasaran sengan sistem operasi serta komponen yang berbeda-beda pula. Mulai dari perangkat dengan keyboard tersembunyi atau perlengkapan bluetooth untuk aplikasi musik. Layar 7 dan 10 inci menjadi ukuran yang paling diminati. Awalnya teknologi layar dengan menggunakan LCD, namun akhir tahun 2010 lebih banyak perangkat yang menawarkan OLED. sebagai sistem operasinya, 2011 bakal lebih didominasi oleh Google Android. Sementara, Apple sudah mempersiapkan revolusi berikutnya dengan iPad 2.

7. Windows Phone siap Menggebrak
Microsoft kembali meramaikan pasar Smartphone dengan Windows Phone 7. Sistem yang dikembangkan dari awal tersebut cukup meyakinkan pengembang Apps dan Vendor, seperti Samsung, LG, atau HTC. Selain itu, terdapat pilihan perangkat yang beragam serta koneksi ke layanan Xbox Live. Menurut para analis, Microsoft dapat meraih tambahan 10 persen market share di tahun 2014.

8. Konten 3D segera tersedia
harga TV 3D perlahan mendekati TV konvensional untuk itu konten-konten 3d pun semakin berkembang. Selain dengan media keping Blu-ray 3D, provider TV pun menawarkan hiburan-hiburan 3d. Game-game konsol dan PC jua pun tidak ingin ketinggalan dalam pasar 3D. Tokoh-tokoh dari dunia game sudahlama tampil dalam tiga dimensi. Jadi, tidak diperlukan biaya besar untuk menghasilkan 3D-nya. Kamera dan camcorder pun smeakin banyak yang menawarkan material 3D, apakah dengan lensa tambahan, seperti pada Panasonic ataupun dengan teknologi 3D terintegrasi, seperti pada Fuji. Setelah toshiba meluncurkan TV 3D pertama dengan teknik autostereoscopic (tanpa kacamata khusus) ke pasaran, produsen lain menyusul, walaupun masih dalam bentuk prototipe. Harga proyektor dengan gambar Full HD tiga dimensi semakin turun mendekati harga TV 3D.

9. Resolusi 4K dan OLE Display
Semakin banyak perangkat TV yang dilengkapi dengan teknologi layar baru. Pada tahun 2011, LG menjadi pertama yang menawarkan TV OLED dengan 31 inci. Bersamaan dengan itu, vendor seperti Samsung menawarkan perangkat dengan resolusi tinggi sebesar 4K, emapt kali lipat dari jumlah pixel perangkat full HD terbaru.

10. Internet sebagai sumber televisi
Tv melalui internet sudah tidak asing lagi. Berkat dukungan luas produsen penerus video text HbbTV, Media Library, atau informasi siaran dapat dipanggil dari internet melalui remote control TV. Google TV selangkah lebih maju, walaupun awalnya masih berjalan terseok-seok. perangkat yang tepat mendapat akses ke mesin pencari video dan web film milik Google. selain itu dimungkinkan pula sebuah layanan-layanan baru, seperti melihat film tanpa iklan dengan sedikit pembayaran. stasiun TV established menyadari kehadiran kompetitor baru mereka. Jumlah perangkat yang digunakan untuk melihat layanan tersebut melalui TV pun semakin bertambah. Konsol seperti PlayStation 3 menawarkan akses ke layanan seperti Lovefilm atau Hulu Plus.

11. Gestur untuk Tv
Dengan Kinect untuk Xbox 360, Microsoft telah menunjukkan bagaimana kendali gesture dapat diubah untuk perangkat elektronik. Namun, di dalamnya vendor TV pun melihat sebuah konsep pengoperasian yang lebih kompleks untuk perangkat mereka. Sehera hadir perangkat yang dilengkapi dengan remote control yang sensitif terhadap gerakan yang diarahkan ke layar seperti pointer, misalnya untuk emngendalikan mouse pointer atau memanggil widget. Nantinya, disusul dengan feature gesture detection.

12. port baru dengan kapasitas lebih besar.
Dengan LightPeak, interface serta optik segera masuk ke PC. Awalnya, bandwidth mencapai 10 GBit/s dan dapat menghubungkan ke semuanya, mulai dari monitor sampai dengan mouse. Dengan kompatibilitas backward yang lebih baik, USB 3.0 memperoleh market share dengan kecepatan hanya setengahnya. UEFI BIOS pun membuat terobosan dnegan bertambahnya kapasitas penyimpanan yang mendukung hard disk diatas 2 Terabyte.

13. Integrasi GPU dan ManyCore
Meleburnya CPU dan GBU sebagai suatu kesatuan kembali berlanjut. Intel untuk pertama kali nya menawarkan prosesor denagn sandy Bridge. pada die CPU, ditempatkan sebuah chip graphic terpisah. AMD menawarkan feature yang sama dengan nama Fusion. Dengan teknologi baru ini, pengguna tidak perlu lagi membeli grpahic card tambahan sehingga menghemat dana serta konsumsi daya. Vendor juga meletakkan dasar pertama untuk sebuah system-on-a-chip. Selain memadukan graphic chip, komponen motherboard lain pun dapat dipadukan dengan CPU tersebut. Dengan prosesor server sampai 12 core, Intel menembus batas ke Many-core Chip. AMD bahkan menawarkan CPU server sampai 16 core. Pada akhir tahun ini, Intel akan emnyelesaikan Many-Core Chip Knights Corner dengan sekitar 50 Core pada fabrikasi 22 nm. Produsen software melakukan adaptasi besar-besar terhadap prosesor Multi Core dan Many-Core. Adaptasi ini bertujuan untuk memaksimalkan performa program mereka agar seirama dengan kemampuan prosesor baru tersebut.

14. Grafik DirectX 11 kecepatan tinggi
Akselerasi GPU mendatang akan mengalami peningkatan sampai 300 persen. Pada NVIDI Fermi, kinerjanya mencapai 2 Gigaflops per watt. Sementara, penerusnya, Kepler, menawarkan sekitar 6 Gigaflpos. Ukuran fabrikasi pada NVIDIA menurun dari 40 menjadi 28 nanometer, sedangkan AMD masih menawarkan GPU DirectX 11 mereka dalam fabrikasi 32 nanometer. Selain itu, Multiple Tesselation Unit menawarkan proses grafik yang cepat serta obyek dan figur yang lebih mulus, paling tidak dalam game-game yang kompatibel dengan DirectX 11.

15. Beta pertama dari windows 8
Menurut rencana, Windows 8 akan diluncurkan pada musim gugur 2010 nanti. Namun, versi beta pertamanya sudah dapat dicoba setahun sebelumnya. Komponen penting dari Windows baru ini adalah konsep keamanannya, seperti user login melalui kamera. Selain itu, disertakan pula sebuah koneksi cloud. Melalui cloud, pengguna PC dapat memakai data, program serta konfigurasi yang sama pada sebuah tablet windows 8. Bahkan, backup dalam cloud juga dimungkinkan. Selain itu, Microsoft mengintegrasikan sebuah Apps store dan mempersingkat booting time hampir nol sama sekali. selain itu, Windows 8 akan menjadi Windows pertama yang cocok untuk tablet.

16.Kamera kompak berkualitas tinggi
Minat kamera kompak dengan kinerja high-end mengalami peningkatan. Setelah canon cukup lama meninggalkan area tersebut, produsen lain ambil abgian. Perangkat tersebut menawarkan sensor berukuran 40 persen lebih besar serta lensa yang berkualitas tinggi dan peka cahaya. Dalam kondisi gelap, gambar yang cukup terang masih dapat diperoleh tanpa bantuan flash. Penggunaan yang mudah melalui touchscreen dan layar AMOLED yang kontras membedakaanya dari kamera-kamera sejenis dengan harga yang lebih ekonomis. Kemampuan perangkat dapat ditambah dengan menggunakan aksesori seperti perangkat flash, external view finder atau konverter, misalnya untuk memasng lensa tele atau macro.

17. Zoom lebih panjang dari Mega Zoomer
Focal length kamera, baik Bridge-Cam maupun kamera Mini-Mega Zoom, semakin lama semakin panjang. Apabila perangkat besar menawarkan panjang zoom sampai 35 kali, pada akhit tahun ini muncul kamera pertama denagn zoom 40 kali. Sementara, apada Mini-Mega-zoomer, zoom 15 kali menjadi standar.

18.GPS, HDR sebagai nilai tambah
Sederatan fungsi tambahan mencoba menarik minat konsumen. Dengan proyektor yang terintegrasi, foto-foto dapat ditampilkan langsung ke dinding. Sementara, feature-feature HDR dapat memberikan light tone yang mengesankan pada foto. Kompas dan motion sensor melengkapi kemampuan GPS receiver, seperti dari casio, sehingga data-data posisi masih dapat direkam walaupun dalam kondisi gelap.

19. Kamera ekonomis bermunculan
Berbagai produsen kamera, seperti Samsung, Sony dan Olympus lebih memfokuskan diri pada kamera kompak dengan kamera interchangeable. Kamera baru dirancang untuk "point and shot". Banyak elemen-elemen operasi kamera, seperti tombol dan wheel yang disediakan melalui touch screen berukuran minimal 3 inci sehingga dapat dipanggil dengan cepat. Fokus lensa juga dapat diatur melalui layar. Bahkan, fungsi video semakin baik. Fungsi seperti FullHD Recording dan Sereo Sound Recording menjadi standar dalam kelas ini. Ukuran sensor semakin besar pada kamera DSLR kelas pemula. Lantaran tidak lagimenggunakan cermin dan lensa tele yang retractable ukuran kamera dapat diminimalkan. Demikian juga dengan harganya yang turun sekitar 20 sampai 25 persen.

20. DSLR semakin baik merekam film
Tidak satupun produsen yang melewatkan FullHD Video recording pada DSLR baru mereka. Semakin banyak fungsi-fungsi camcorder profesional yang diadopsi oleh kamera SLRkompak, seperti koneksi untuk external mic pada canon. Display yang dapat diputar semakin mempermudah rekaman-rekaman yang sulit. Bersamaan dengan itu, pasar aksesori meledak. Seperti Special Pod, Steady cam Frame agar rekaman tetap kompak saat bergerak.

1 komentar:

Rahmat Rusdianto mengatakan...

wah ini 1 tahun yg lalu... semuanya bener gan, hehe

Blogwalking gan, mohon kunjung dan follow balik ya ke review-newgadget.blogspot.com makasih ya

Blog Archive

Blog Archive