Rabu, 19 Januari 2011

10 TEKNOLOGI YANG AKAN PUNAH

Banyak hal yang tidak bisa dilupakan dalam dunia digital. Seperti keyboard, disket, charger, dan sebagainya. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi yang terus berkembang dari jam ke jam, jalan cerita teknologi-teknologi ini sepertinya akan tamat.

Dibawah ini ada 10 teknologi yang sangat diidolakan di masa dulu dan mungkin juga sampai hari ini, yang akan diprediksikan akan berakhir masa kejayaannya nanti, di masa depan. Perlu dicatat, ini hanyalah sebuah prediksi dan mungkin kebenarannya di masa depan belum bisa dipastikan. Tapi, tidak ada salahnya jugakan untuk mencari tahu?

1. Adobe Flash
"Jika Flash bekerja pada sebuah perangkat, telur-pun bisa matang diatasnya", gurau Philip Grønvold, dari Opera, mengenai Flash yang boros daya listrik. Tidak heran bila bos Apple, Steve Jobs, meramalkan keruntuhan Flash di era yang serba mobil, nanti.

2. Game Controller
Selamat tinggal tombol-tombol Nintendo dan vibration controller dari Sony. Saat ini, game controller (seperti Wii Controller) sudah dikendalikan melaui motion controller. Bahkan, Microsoft mengembangkan "Proyek Natal" untuk Xbox 360 (tersedia mulai malam natal tahun ini) yang memanfaatkan tubuh gamer sebagai input controller dengan bantuan kamera.

3. Keyboard & Mouse
Setelah penemuan touchscreen dan touchpad, keyboard dan mouse kehilangan masa jayanya. Bila voice recognition sudah lebih baik, nantinya anda hanya perlu mendikte teks dan tidak perlu lagi mengetik secara manual.

4. Telepon Satelit
Kecuali di lautan bebas yang tidak terjangkau oleh jaringan mobile, telepon satelit akan menjadi koleksi museum.

5. TV Plasma
Walaupun TV Plasma 3D memberikan kualitas yang lebih baik, sepertinya perangkat tersebut tidak bisa diselamatkan. Menurut sebuah penelitian, dari 75 persen perangkat LCD yang terjual pada akhir tahun 2009, hanya 7 persen yang termasuk TV Plasma.

6. Penyimpanan Magnetis
Di masa depan, kita tidak lagi mendengar bunyi penutup disket. Sony telah mengumumkan bahwa mereka sudah menghentikan produkse disket. Nasib media penyimpanan magnet yang akan menyusul adalah kaset musik dan video.

7. Charger (Ponsel)
Listrik dari kabel sepertinya akan menjadi sejarah. Di masa depan, perangkat yang menggunakan baterai bisa diisin melaui medan induksi. Bahkan, sumber listrik-pun berubah. Dengan "Magic Charger", listrik bisa dihasilkan dengan cara memutar-mutar magic cube tersebut.

8. TV Analog
Menurut sebuah penelitian pasar di Eropa, 6,8 juta perangkat rumah tangga ini tidak akan menampilkan gambar pada 30 April 2012. Pasalnya, pemancaran sinyal satelit analog akan dihentikan. TV masa depan sudah digital.

9. Penyimpanan Offline
Seiring berjalannya waktu, data tidak lagi disimpan pada komputer lokal, melainkan pada cloud. Internet menawarkan ruang penyimpanan yang tidak terbatas.

10. Mesin Faks
Menurut sebuah statistik, hampir semua perusahaan memiliki mesin faks. Namun, dengan mucnulnya e-mail dan digital signature, tugasnya sudah selesai. Sema seperti pengguna e-mail, sudah lama para pemilik mesin faks berjuang melawan spam.

1 komentar:

wongganteg mengatakan...

ih wow bisa gitu

Blog Archive

Blog Archive