Selasa, 15 Maret 2011

61 PERSEN SERANGAN MERUPAKAN HASIL VIRUS TOOLKIT

Penelitian Symantec

Saat ini, virus tidak hanya dapat dibuat oleh programmer ahli saja. Cukup dengan mengenal sedikit bahasa pemrograman ditambah dengan sebuah virus toolkit (program), seseorang bisa saja membuat virus dan menyebarkannya di dunia maya. Bahkan, jumlah pembuat virus yang menggunakan program pembuat virus ini semakin banyak dan semakin aktif. Apalagi virus kit ini semakin mudah ditemukan dan digunakan. Hal ini terungkap dalam sebuah laporan Symantec pada awal Februari 2011 lalu.

Hasil penelitian symantec ini menunjukkan bahwa tool untuk membuat virus ini semakin diminati oleh penjahat cyber yang kurang memiliki keahlian teknis dalam kejahatan cyber. Virus toolkit ini juga mudah dicari dio internet. Salah satu virus toolkit adalah Zeus. Virus toolkit ini memiliki fungsi mencuri rekening bank pada berbagai usaha kecil. Bahkan, dari hasil penangkapan sebuah kelompok penjahat yang menggunakan Zeus, metreka bisa mencuri lebih dari US $70 juta dalam rentang 18 bulan.

"Dahulu, hacker harus bersusah payah untuk menciptakan sebuah virus. Namun kini, dengan sebuah virus toolkit, pemula sekalipun dapat memulai pengalaman dalam kejahatn cyber:, ujar Stephen Trilling, senior Vice President symantec Security Technology and Response. Pada penelitianini, Symantec mengamati lebih dari 310 ribu domain unik yang dicurigai berbahaya. dari hasil pengamatan, ternyata 61 persen serangan yang ada disebabkan oleh virus yang dibuat oleh virus toolkit. weebsite berkonten 'dewasa" menjadi kata kunci popular yang mengarahkan pengguna PC ke website berbahaya.

0 komentar: