Jumat, 18 Februari 2011

TIPS PENCARIAN DI GOOGLE (BAG 2)

Sebelumnya BAB 1

Pencarian google edisi ke 2 membahas bagaimana membuat query dengan hasil yang lebih spesifik, Jika di ***EDISI 1*** kita membahas tentang : phrasa, perioritas, dan pengecualian kata; kali ini kita akan membahas tentang asterik, ketepatan kata, operator, punctuation, dan lain-lain.

Asterik (*)
Misalkan kita ingin mencari konten yang relatif tentang informasi indocomtech jakarta, jika kita menggunakan query ini : [indocomtech * jakarta] maka, anda akan mendapatkan result tentang indocomtech 2009 jakarta, indocomtech 2010 jakarta, indocomtech terbesar yang diselenggarakan di jakarta, dan sejenisnya.

Minus (-)
Bandingkan antara pengunaan query berikut ini, [sepeda fixie keren] dan [sepeda fixie keren -gaya], Jika query pertama menyajikan lis konten salah satunya video gaya keren sepeda fixie maka dengan query kedua lis tersebut tidak tersaji.

Operarator OR, AND
Kusus untuk menggunakan operator google menerapkan case sensitive, jadi akan menghasilkan informasi yang berbeda anatara kata kunci [uerope OR america] dan [uerope or america] begitu juga dengan AND.

OR, digunakan untuk mencari kata yang relatif dengan kata kunci yang dibandingkan dikeduanya anda bisa mencoba dengan kata kunci [study in europe OR america] coba bandingankan dengan kata kunci [study in europe america]. AND, digunakan untuk mencari kata yang berkelanjutan dengan kata yang menerangkan di belakangnya.

Tanda Baca / Punctuation
Tidak semua tanda baca diabaikan, misalkan: [C++], [C#] yang mana kedua contoh tadi adalah nama dari bahasa pemrograman. Begitu juga dengan $ untuk menghasilkan pencarian lebih baik anda perlu mencantumkan $ untuk pencarian yang mencantumkan harga. sebagai contoh adalah [notebook $500] lebih baik dari [notebook 500 dolar]. Tanda _ tidak diabaikan asal sesuai dalam penggunaanya misalkan : [quick_short] atau fungsi-fungsi pemrograman yang banyak menggunakan tanda ini sebagai contoh : [str_replace]

Kata yang biasa digunakan seperti a, an, the, for, who diabaikan oleh pencarian google, namun tetap ada pengecualian, misalkan anda mencari dengan kata kunci [the who] sebuah group band, atau [WHO] organisasi kesehatan PBB, atau [who is] yang merupakan website informasi domain.

Anda bisa menerapkan kombinasi pecarian tersebut untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan dengan informasi yang ingin ada dapatkan.

Selanjutnya BAB 3

0 komentar: