Kamis, 17 Februari 2011

TIPS PENCARIAN DI GOOGLE (BAB 1)

Pencarian di google adalah sangat sederhana, anda cukup memasukan kata yang ingin anda cari ke dalam textbox search google dan enter, google akan mencari page yang sesuai dengan yang anda cari.

Seperti apa pencarian yang baik atau dengan kata lain bagaimana cara google menerjemahkan bahasa manusia kedalam query pencarian?


Kenyataan dalam pencarian google :

* Semua kata yang anda masukan kedalam textbox search google akan digunakan untuk pencarian.
* Pecarian google adalah case insensitive (tidak membedakan huruf kapital atau tidak) jadi anda tidak perlu menuliskan "Barack Obama" untuk pencarian "barack obama" karena dua frasa tersebut dianggap sama.
* Umumnya tanda baca seperti: @#$%^&*()=[]\ diabaikan oleh google.

Tips untuk pencarian yang lebih baik :

* Sederhanakan keyword, Misalnya anda ingin mencari kantor google di jakarta. anda cukup menggunakan keyword "google jakarta" tidak perlu anda menuliskan "dimanakah letak kantor google di jakarta?"
* Pikirkan bagaimana halaman yang anda ini cari ditulis didalam sebuah konten. Search Engine bukanlah manusia, Search engine mencocokan apa yang anda cari dengan konten dari halaman yang ada, Maka gunakanlah bahasa yang sering digunakan. misalnya : "mesin elektrik pembuat kopi" diganti dengan "coffee maker".
* Jelaskan apa yang anda cari dengan syarat sedikit mungkin, misalnya : "laporan cuaca di jakarta hari ini" gantilah dengan "cuaca jakarta".
* Pilihan kata penjelasan. Semakin unik kata penjelasan yang anda masukan, Makin relevan hasil yang akan anda dapatkan. contoh untuk kata restoran, masukan kata pejelasan sesuai yang anda maksud seperti restoran sunda, restoran eropa, restoran vegetarian, dan sebagainya.

Pada umumnya pencarian dasar ini sudah cukup untuk menemukan page yang anda cari, namun kadang anda memerlukan sesuatu yang lebih powerful.

Prioritas

Google mengenali prioritas pencarian, dengan menggunakan tanda "" misalanya anda ingin mencari dengan keyword : biografi "barack obama" maka pencarian anda akan diprioritaskan pada "barack obama", namun hati-hati ketika menggunakan prioritas karena anda akan mengabaikan hasil dari konten lain yang mungkin relevan dengan keyword anda, Namun tidak sesuai dengan kata penegas/prioritas, dalam kasus ini misalnya "barack husain obama".

Pengkondisian terhadap kata yang tidak diginkan

Tanda minus (-) yang disisipkan di depan dari kata pencarian akan mengexclude hasil dari pencarian yang mengandung kata tersebut misalnya, "search engine -google" query ini berarti anda mencari search engine selain google.

Selanjutnya BAB 2 & BAB 3

0 komentar: