Kamis, 03 Februari 2011

SCAM VIDEO ARTIS INDONESIA MENYAMAR DI JEJARING INDONESIA

Jejaring sosial yang selalu diakses oleh para pengguna internet dan ponsel pintar, kini dilaporkan telah dimasuki oleh scam yang berisi video konten dewasa yang menampilkan artis-artis Indonesia.

Facebook, sebagai salah satu jejaring sosial terkemuka di Indonesia yang menduduki peringkat ketiga, rupanya dijamuri dengan konten-konten yang berbahaya. Konten ini merupakan ulah dari phisher yang menyalahgunakan jejaring sosial untuk menjadi media bisnisnya, targetnya tentu saja pengguna internet di tanah air.

Symantec mengamati sebuah scam yang memalsukan situs jejaring sosial seperti Facebook. Situs Web phishing tersebut di hosting dari sebuah situs hosting web gratis. Situs itu menyatakan bahwa sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat melihat video berisi konten dewasa dari artis-artis tanah air. Situs itu juga mengklaim bahwa video tersebut diambil dari kamera tersembunyi dari berbagai kamar hotel. Pengguna diminta untuk memasukkan informasi login mereka untuk dapat mengakses aplikasi palsu itu.

SCAM VIDEO ARTIS INDONESIA MENYAMAR DI JEJARING INDONESIA

Untuk lebih meyakinkan pengguna, situs itu mengklaim bahwa aplikasi ini berasal dari tim layanan Fabeook. Foto para artis tanah air ditampilkan untuk lebih menarik rasa keingintahuan pengguna. Foto itu memberi kesan bahwa dengan mengakses aplikasi palsu ini, pengguna dapat melihat video dengan durasi yang lebih lengkap. Cara ini merupakan modus untuk mengelabui pengguna Facebook tentunya.

Kenyataannya, tidak ada aplikasi yang menampilkan konten video dewasa seperti itu, ini merupakan umpan yang dilakukan phisher untuk mengambil informasi rahasia pengguna. Jika berhasil, maka informasi pengguna akan dimanfaatkan oleh phisher untuk kebutuhan yang lebih buruk.

Symantec memberitahukan Facebook mengenai masalah ini, dan melakukan pemblokiran akan url kepada situs palsu tersebut, agar tidak tersebar luas dan menarik banyak pengguna yang tertipu. Facebook juga secara aktif melakukan pemblokiran pada link-link yang diketahui berbahaya, seperti situs phising ataupun situs yang menyimpan malware, agar tidak didistribusikan dari web tersebut.

spoiler

Beberapa tips yang dianjurkan oleh Symantec adalah sebagai berikut :

* Berhenti berlangganan dari milis-milis yang disinyalir memberikan informasi yang berusaha mengambil informasi diri Anda.

* Selektif dalam mendaftarkan alamat email Anda kepada situs-situs yang Anda kunjungi.

* Hindari menampilkan alamat email Anda di Internet. Gunakan alamat email Anda yang lain atau buat akun email yang baru, dan jangan
* gunakan email utama Anda, karena selain bercampur dengan email penting yang mungkin Anda tunggu, juga penyerangan pada email utama Anda akan memutuskan hubungan Anda dengan klien atau kerabat.

* Laporkan sebagai spam email, jika Anda menerima email spam, agar tidak terjadi di masa mendatang, dan situs layanan email sudah akan memblokir spam email tersebut.

* Hapus seluruh email spam dari inbox Anda.

* Hindari mengklik pada link yang mencurigakan pada email ataupun layanan chatting, karena bisa saja bot sudah mengambil alih akun rekan Anda, dan menyebarkan alamat situs palsu.

* Hindari membuka email yang tidak Anda kenal, karena lampiran email dapat menginfeksi komputer Anda.

* Jangan membalas email spam, karena mereka sudah mendapatkan email Anda sebelumnya, dengan membalas email, berarti Anda melakukan verifikasi kepemilikkan bahwa email Anda tersebut aktif.

* Hindari mengisi formulir yang meminta Anda untuk menuliskan informasi pribadi, baik seputar kartu kredit atau penggunaan password email yang Anda gunakan. Hubungi perusahaan yang bersangkutan jika Anda meragukannya, karena perusahaan tidak mungkin meminta informasi pribadi Anda melalui email, setidaknya untuk meyakinkan Anda bahwa perusahaan tersebut memintanya dan sudah melakukan verifikasi atau pembicaraan melalui telepon sebelumnya.

* Pastikan bahwa operating system selalu diperbarui dengan update terbaru, dan gunakan paket software keamanan yang komprehensif. Untuk memperoleh informasi lengkap mengenai perlindungan Symantec silakan kunjungi www.symantec.com

* Pertimbangkan solusi antispam yang memiliki reputasi baik untuk menangani penyaringan di seluruh organisasi anda seperti Symantec Brightmail messaging security family solutions.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Therefore, if you wanted to specifically look for CNN News,
it is right there in its own directory on the front webpage.
He spoke slightingly but without bitterness of everything he
had written, and I knew his new book must be very good for him to speak, without bitterness, of the faults
of the past books. Today, Most of newspapers are offering
their online editions. For documentation purposes and additional interest, be sure to include the
banner including the name of the news publication, as
well as the date section. Even though they are made of metal,
they are smaller in size, able to fit on counters or end displays.



My web page click here

Anonim mengatakan...

In the US, we still express this as cubic inches, feet, or yards.
concrete finishing is very much like smoothing out frosting
on a birthday cake. Read your warranty carefully, and
you'll see that it probably doesn't cover walls with efflorescence.