Senin, 24 Januari 2011

MENYAMAKAN LEBAR KOLOM DENGAN LEBIH MUDAH

Excel 2007

spoiler
Lebih mudah Menyamakan lebar kolom di dalam lembar kerja Excel kini lebih mudah.

Beberapa kolom harus memiliki lebar yang sama persis sehingga tabel terlihat rapi dan seragam.

Tips : Pertama-tama pilih semua kolom yang diinginkan dengan menahan tombol [CTRL] kemudian klik judul kolom satu demi satu yang dikehendaki. Untuk memilih kolom yang berdekatan, Anda dapat meng-klik judul kolom sebelah kiri kemudian tahan tombol [SHIFT] lalu klik judul kolom sebelah kanan yang dikehendaki. Selain itu, Anda juga dapat menekan tombol mouse dan tarik kursor pada judul kolom yang akan dipilih.

Selanjutnya, pindahkan kursor ke perbatasan judul salah satu kolom yang dipilih pada bagian kanannya. Setelah kursor berubah menjadi garis vertikal dan horisontal, tekan tombol kiri mouse dan geser ke arah kanan. Hal ini dapat mengubah lebar kolom selama tombol mouse terus ditekan. Yang menarik, Excel akan memberitahu tentang lebar kolom saat ini melalui kotak dialog kecil. Setelah tombol mouse dilepas, semua lebar kolom yang dipilih akan berubah.

Cara alternatif lainnya, Anda juga dapat menentukan nilai yang akurat untuk setiap lebar kolom dengan cara meng-klik kanan pada kolom-kolom yang sudah tersorot tadi lalu pilih menu “Width Column” dan masukkan nilai yang diinginkan dalam window dialog tersebut. Setelah meng-klik “OK”, Excel akan menyesuaikan lebar kolomnya. Prosedur yang telah diuraikan juga dapat Anda gunakan untuk menyamakan tinggi baris.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive