Senin, 24 Januari 2011

MENGARTIKAN NILAI PERSEN TEPAT DALAM TABEL

Excel 2007

spoiler
Aktifkan Anda perlu memastikan bahwa konfigurasi tersebut telah diaktifkan agar Excel tidak salah melakukan perhitungan.

Persentase pada tabel sering menampilkan nilai yang salah. Mengapa begitu?

Tips : Microsoft Excel memiliki ke-mampuan untuk mengatur format sel agar dapat menampilkan persentase secara otomatis. Misalnya, Excel akan menam­pilkan angka 50% ketika Anda meng-input nilai 0,5. Jika Anda input 0, 25, hasilnya menjadi 25%. Namun, format yang cukup membantu seperti ini juga memiliki kelemahan. Contohnya, saat Anda meng-input nilai 50, Excel langsung meng­intepretasikannya sebagai 5000%. Padahal, yang Anda inginkan adalah 50%. Agar Excel yang Anda gunakan tidak salah mengartikannya, Anda bisa saja menga­tur format tersebut dan nantinya Excel akan menampilkan nilai yang benar.

Untuk itu, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Langkah pertama, Anda perlu membuka aplikasi Microsoft Excel 2007 dan klik tombol Excel Options. Anda dapat menemukan tombol tersebut pada menu utama Office Orb. Setelah window pengaturannya terbuka, Anda dapat memilih menu “Advanced” yang letaknya di panel sebelah kiri. Setelah itu, Anda perlu memastikan bahwa pilihan “Enable Automatic Percent Entry” telah diaktifkan dengan­ memberi tanda centang pada boks yang tersedia. Jika sudah diaktifkan, klik tombol “OK” dan kembali ke dokumen awal untuk melihat hasilnya.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive