Selasa, 25 Januari 2011

MENCETAK HITAM PUTIH

Excel 2007

spoiler
Black and White Hasil cetak akan terlihat lebih baik dengan konfigurasi seperti ini.

Anda memiliki sejumlah dokumen yang dibuat dengan Excel. Saat ingin dicetak mela­lui printer yang menggunakan tinta hitam (Black and White) hasilnya tidak sesuai dengan keingi­nan Anda.

Tips Mencetak dokumen yang dibuat melalui Excel dan berisi banyak chart memang sangat bergantung pada printer yang digunakan. Jika spesifikasi printer-nya tidak memadai, hasil cetaknya tentu tidak akan sempurna atau bisa saja sesuai dengan yang Anda harapkan. Ada banyak printer tinta hitam yang memiliki ke­mam­puan “menerjemahkan” tampilan dokumen ke dalam hasil cetakan yang sesuai. Bagi printer yang tidak memiliki kemampuan tersebut, hasilnya akan bergantung pada bagaimana cara Anda mengolah dokumen yang dibuat. Untuk itu, ada trik menarik yang dapat Anda lakukan jika mengguna­kan printer dengan tinta berwarna hitam.

Langkah pertama, Anda dapat menampilkan terlebih dahulu menu utama Excel yang letaknya berada di barisan atas dokumen. Kemudian, Anda dapat meng-klik tab “Page Layout”. Sampai di sini, klik tombol panah kecil yang berada di pojok kanan bawah grup “Sheet Options” dan Excel akan menampilkan window pengaturan “Page Setup”. Pada tab “Sheet”, pastikan bahwa Anda telah memberi tanda cek pada kotak pengaturan “Black and white”. Setelah selesai, cobalah mencetak ulang dokumen Anda dan kualitas tampilannya pasti akan meningkat.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive