Kamis, 13 Januari 2011

MEMPERCAPAT KONVERSI FILE TEKS

Excel 2007

Mengubah jenis kolom pada saat impor file sunguh membuat frustasi anda atau pengguna excel lainnya. Apakah ada cara lain yang lebih mudah?

Tips : Menimpor file teks dengan pembatas koma atau Comma-delimited text file biasanya harus anda lakukan ketika format tabel dari aplikasi tertentu tidak mendukung Excel secara langsung. Salah satu cara yang biasa digunakan oleh anda atau kebanyakan orang yang sering menggunakan excel adalah menggunakan format kolom, misalnya dari general menjadi text. Jika hal ini dilakukan satu per satu tiap kolom, pastinya akan melelahkan dan menyita waktu yang anda miliki.

Anda bisa mengatasinya saat harus mengimpor file teks berbatas koma tersebut. Caranya sangat mudah. Untuk itu, lakukanlah proses awal impor seperti biasa. Setelah window dialog impor ditampilkan oleh excel, anda dapat dengan mudah mengubah tipe data kolom dan pilihlah kolom pertama dalam tabel.

Langkah selanjutnya, anda dapat menggeser (scroll) tampilan hingga kolom terakhir terlihat. Sambil menekan tombol [SHIFT], anda dapat mengklik kolom terakhir tersebut hingga semua akan terpilih. Sekarang, gantilah tipe data menjadi text dan lanjutkan proses impor hingga file tersebut dapat tampil dalam excel.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive