Jumat, 21 Januari 2011

MEMBUAT DAFTAR DENGAN NAMA SEL DAN REFERENSI SECARA OTOMATIS

Excel 2007

spoiler
Relevan Excel dapat memasukkan daftar semua sel yang memiliki nama dengan referensi yang relevan.

Sel yang diberi nama dengan sebuah teks dapat menyederhanakan struktur rumus yang terlihat kompleks. Namun, masih ada kendala dalam tabel besar yang memiliki banyak variabel, yaitu nama sel yang mengandung referensi.

Tips : Microsoft Excel menyediakan pilihan untuk menyisipkan keterangan (legend) berupa teks dan referensi pada sel yang dikehendaki. Membuat daftar nama-nama yang digunakan dan referensi, idealnya dapat dibuat pada lembar kerja terpisah. Untuk itu, klik tab lembar kosong pada bagian bawah dari aplikasi. Jika semua tab terlihat sedang digunakan, Anda dapat menekan kombinasi tombol [SHIFT] + [F11] untuk membuat lembar baru.

Selanjutnya, Anda perlu memposisikan kursor di sel “A1” pada lembaran baru. Nantinya, di sel inilah daftar nama sel akan dimasukkan. Langkah berikutnya, klik “Defined Names” pada tab “Formula” dan tentukan namanya pada kolom “Name”. Kemudian, pada kolom “Scope” pilih Workbook. Untuk mengisi kolom “Comment”, Anda dapat mengetikkan ketera­ngan­ secara rinci dan pada kolom “Refers to”, Anda dapat mengisi dengan bagian penting isi sel referensi yang dikehendaki. Jika telah selesai, Anda dapat meng-klik tombol “OK”.

Selanjuntya, pada tab “Formula” klik “Use in Formula | Paste names | Paste List”. Untuk versi Excel sebelumnya, Anda dapat mengakses menu “Insert | Name | Pas­te” dan klik “Paste List”.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive