Rabu, 19 Januari 2011

KATA KUNCI LEWAT PREVIEW

Mac OS X

Menambahkan keterangan berupa kata kunci kedalam koleksi foto akan memudahkan anda melakukan pencarian foto yang diinginkan. Bagaimana caranya?

Tips : Bayangkan jika koleksi foto anda tersebar disetiap folder tanpa ada struktur kategori ataupun bentuk sortir apapun. Jika anda menggunakan aplikasi seperti iPhoto atau Picasa, feature pemberian tag atau kata kunci pada koleksi foto merupakan feature dasar yang terdapat dalam aplikasi tersebut. Namun, bagaimana bila anda menggunakan aplikasi seperti itu?

Tidak perlu cemas, anda juga dapat memanfaatkan aplikasi preview yang merupakan aplikasi bawaan Mac OS X. Aplikasi preview juga memiliki feature pemberian kata kunci untuk dimuat ke dalam koleksi foto anda. Kata kunci tersebut nantinya akan muncul di spotlight. Hal ini tentunya akan memudahkan anda jika ingin mencari secara langsung foto melalui spotlight.

Untuk menambahkan kata kunci, buka fotoyang ingin diberikan kata kunci di preview. Selanjutnya, pilih menu "Tools | Inspector" lalu klik icon kaca pembesar di sebelah kanan. Untuk menambahkan kata kunci baru, klik tombol "+" dibawah. Tambahkankata kunci seperlunya.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive