Kamis, 20 Januari 2011

Kaspersky Lab Mewaspadai Link Twitter Yang Disingkat

Kaspersky Lab memberikan ulasan mengenai aktivitas malware di komputer pengguna dan Internet untuk bulan Desember.

Produk Kaspersky Lab memblokir lebih dari 209 juta serangan jaringan di bulan Desember 2010, mencegah lebih dari 67 percobaan untuk menginfeksi komputer melalui website, mendeteksi dan menetralisir lebih dari 196 juta program jahat, serta mendaftarkan hampir 71 juta vonis heuristik.

Saat ini perkembangan kicauan twitter dengan bandwagon URL yang disingkat telah naik grafiknya dalam setiap waktu, maka tak heran apabila para penjahat tersebut juga memanfaatkannya untuk menginfeksi komputer di seluruh dunia.

Pada bulan Desember, top tren di halaman utama Twitter termasuk sejumlah entri dengan link yang disingkat. Layanan bandwagon URL yang di singkat melalui bit.ly dan alturl.com, juga tak lepas dari incaran infeksi virus mereka.

Keisengan para penjahat ini telah membuat pencipta program antivirus palsu dibuat sibuk di sepanjang bulan Desember tahun lalu. Sehingga mengakibatkan dua kreasi penjahat tersebut berhasil masuk ke Top 20 program jahat di bulan Desember yang terdeteksi di Internet – pada peringkat ke 18 dan 20.
Perwakilan dari keluarga Trojan-Downloader.Java.OpenConnection tetap sangat aktif.

Alih-alih menggunakan kerentanan dalam mesin virtual Java, Trojan ini menggunakan metode OpenConnection dari kelas URL - fungsi standar bahasa pemrograman Java. Dua perwakilan dari Trojan-Downloader.Java.OpenConnection berada di antara Top 20 program jahat yang terdeteksi di Internet pada bulan Desember berada di peringkat ke 2 dan 7.

Menduduki posisi pertama dalam daftar ancaman berbasis web, jauh melampaui saingan terdekatnya, adalah program adware, AdWare.Win32.HotBar.dh. Sebagai aturan, program ini diinstal bersama dengan aplikasi yang sah dan kemudian mengganggu pengguna dengan menampilkan iklan yang mengganggu.

Untuk pertama kalinya file PDF berbahaya yang menggunakan Adobe XML Forms telah berhasil masuk ke Top 20 ancaman online. Ketika pengguna membuka file Exploit.Win32.Pidief.ddl, sebuah skrip exploit dijalankan yang mengunduh dan menjalankan program jahat lain dari Internet.

Exploit.Win32.Pidief.ddl menempati peringkat ke 11 dalam peringkat bulan Desember untuk ancaman yang berasal dari Internet.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive