Rabu, 26 Januari 2011

BACKUP DATA SECARA TERATUR

Windows 7

Anda ingin mem-backup data penting secara teratur ke hard disk eksternal. Apakah Windows 7 telah mendukung tugas-tugas rutin seperti itu?

Tips : Fungsi backup data di Windows 7 sudah mengalami peningkatan. Contohnya, Anda dapat membuat backup data yang ada di dalam sistem hanya dengan­ beberapa langkah. Selain itu, Anda juga dapat mem-backup sebuah folder yang telah ditetapkan secara teratur. Untuk mengonfigurasi opsi backup ini, klik “Control Panel | Backup and restore | Set up backup”.

Selanjutnya, Windows akan meminta lokasi target data backup. Jika ada hard disk eksternal yang terhubung, sistem secara otomatis akan merekomendasikannya. Pilih drive ini dan klik “Next”. Sekarang, tentukan, Windows atau Anda yang memilih sejumlah data yang akan dibackup. Untuk mem-backup sistem, Anda dapat melanjutkannya sesuai rekomendasi Windows.

Selain itu, Anda juga dapat mem-backup sejumlah direktori penting secara teratur. Caranya, aktifkan pilihan “Selection by the user” dan klik “Next”. Pemilihan default adalah sama dengan rekomendasi Windows sebelumnya. Kini, Anda dapat memilih folder dan libraries yang ingin di-backup. Selanjutnya, nonaktifkan pilihan “Save data for newly created user” lalu klik tanda panah di depan “Libraries”.Sebagai contoh, biarkan “Document Library” diaktifkan dan nonaktifkan “Includea system image of drives” lalu klik “Next”.

Untuk proses backup data secara harian, klik tombol “Change schedule”. Dalam window dialog, centang boks “Run backup on schedule (recommended)” lalu ubah bagian “How Often” menjadi “Daily” dan atur pilihan jam pada bagian “What Time” lalu klik “OK”. Pastikan jadwal yang Anda susun harus berbeda dengan proses backup lainnya. Jika Anda sudah yakin, Anda dapat meng-klik tombol “Save settings and run backup”.

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive