Kamis, 20 Januari 2011

10 TIPS PRAKTIS MEMPERCEPAT PC

1. defrag hard disk
yang anda butuhkan :
Windows Tools
Disk Defrag Screen saver

Dibutuhkan wkatu :
3 menit : install screensaver

Peningkatan performa :
Hard disk 40 % lebih cepat

Pada wondows vista dan windows 7, tools defrag windows akan men-defrag berdasarkan waktu. Tools Disk Defrag Screen Saver dapat menggabungkan proses defragmentasi dengan screen saver. Tools ini akan bekerja ketika PC hidup, tetapi pada saat tidak ada aktivitas. Pengguna windows XP dapat langsung meng-install tools ini. Pengguna vista dan windows 7 perlu menonaktifkan tools windows-nya terlebih dahulu.

2. Membersihakn autorun agar hanya yang dibutuhkan yang di-load
Yang anda butuhkan :
windows tools

Dibutuhkan wktu:
5 menit : menghapus entri dan re-start

peningkatan performa :
Proses bootimg 20 % lebih cepat

Pertama, singkirkan semua entri Autorun dari menu "Start". Dalam registry, anda juga bisa merapikan entri ini. Caranya pilih "Start | Run" dan ketik "regredit". Carilah lokasi berikut san dari sana hapuslah entri-entri di sisi kanan. HKEY_CURRENT_USER\software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
HKEY_LOCAL-MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run

3. mengupgrade RAM atau membebaskan RAM untuk sistem
yang anda butukan :
RAM dan obeng

Dibutuhkan waktu :
15 menit : restart

Peningkatan performa : 25 % lebih cepat

Semakin besar RAM, otomatis akan meningkatkan performa. hal tersebut dapat dilakukan selama sistem operasi tidak membatasi tidak masalah. Sebaiknya, tambahkan modul secara berpasangan, karena dengan demikian, anda juga dapat memanfaatkan efek dual channel. emilik grafik onboard bahkan bisa mendapatkan lebih banyak RAM tanpa biaya. Gunakanlah, nilai terendah untuk cadangan RAM grafik dalam BIOS.

4. Mendeaktivasi interface dalam BIOS untuk mempercepat start
Yang anda butuhkan :
Buku panduan mainboard

Dibutuhkan waktu :
8 menit : setting dan restart

Peningkatan performa :
proses booting 10 % lebih cepat

Pada saat anda menyalakan PC, BIOS akan memeriksa komponen satu dmi satu, apakah ada, berfungsi, dan apa mode opersinya. Apabila ada kesalahan teknis, makan BIOS akan memberikan alarm peringatan. Semakin banyak perangkat dan interface onboard, proses start PC akan semakin lama. Oleh karena itu, non-aktifkan semua yang tidak perlu. Tindakan ini akan mempercepat proses start hingga 15 detik.

5. driver chipset terbaru akan membuat PC lebih stabil dan cepat
Yang anda butuhkan :
Driver dari internet

Dibutuhkan waktu :
15 menit : Download dan install driver

Peningkatan performa :
25 % lebih cepat

Windows hanya akan emnggunakan hard ware PC secara optimal, Jika memiliki driver terbaru.Terutama, apabila sistem anda agak lama, kini tersedia driver chipset yang lebih baru. Cari dan install-lah driver baru di Website Intel, AMD atau NVIDIA. Selain meningkatkan performa, update driver juga membawa fungsi-funsgi baru.

6. Menggunakan mode standby untuk mempercepat booting/shutdown
yang anda butuhkan :
tidak ada

Dibutuhkan waktu :
2 detik : memilih tombol lain

Peningkatan performa : start 20 % lebih cepat

Terdengar sedikit konyol, tetapi salah satu cara lebih baik untk booting/shutdown PC yang lebih cepat adalah dengan menngunakan mode Standby Suspend-To-Disk (STD), dimana kondisi aktual sistem disimpan di hard disk. Pada windows XP, ista, dan Windows 7, cukup mengirim sistem ke mode ini.

7. card USB 3.0 juga membantu mempercepat perangakt 2.0
Yang anda butuhkan :
Card USM 3.0 dan obeng

Dibutuhkan waktu :
20 menit : Pemasangan, restart dan instalasi

USB 3.0 adalah standar emndatang untuk perangkat periferal. Namun, upgrade dengan card PCI dan PCIe juga berguna, apabila anda hanya ingin mengoperasikan USB 2.0 Dengan hardware yang lebih baik, anda dapt mempercepat hard disk USB 2.0 sebesar 5 hingga 10 %. Pemasangan dan instalasi sangat mudah..

8. mengkonfigurasi jaringan agar tidak ada waktu terbuang
Yang anda butuhkan :
tidak ada

dibutuhkan wkatu :
3 menit : setting dan restart

Peningkatan performa : 10 % lebih cepat

Seringkali kita melupakan kaitan antara jaringan dan performa sistem. Padahal jaringan dan manajemen data seringkali menghasbiskan performa CPU. Di dalam "Folder and File Options", non-aktifkan "Search Automatically for Network Folders and Printers". Setelah itu, klik tombol "OK". Langkah ini akan menambah performa di dalam jaringan.

9. membersihkan casing agar CPU bekerja dengan tenang dan cepat
yang anda butuhkan:
Penyedot debu, kuas, dan obeng

Dibutuhkan waktu :
15 menit : Membuka, menyedot debu, dan menutup

Peningkatan performa :
20 % lebih cepat pada beban penuh

Setelah berbulan-bulan, terkumpul banyak debu di dalam casing. Periferal yang terancam adalah pendingin CPU, karena di sini banyak udara ditiupkanmelalui rusuk-rusuk yang sempit. Apabila debu menghalangi keluarnya panas, CPU bisa saja menjadi terlalu panas, sehingga memperlambat kinerja PC. Oleh karena itu, bersihkanlah PC secara teratur, minimal setiap 3 bulan sekali dengan penyedot debu, dan kuas bersih.

10. Membatasi file swap untuk mengurangi akses hard disk
yang anda butuhkan :
driver dan internet

Dibutuhkan wkatu :
15 menit : download dan instalasi driver


Peningkatan Performa ;
Secara umum 15 % lebih cepat

Akses file swap terlalu besar, windows akan sering menulis pada hard disk dan memperlambat kinerjanya.oleh karena itu, tentukan sendiri ukuran file swap hingga 1,5 kali RAM. Caranya,klik kanan "Computer", pilih "Advanced System Properties", lalu "Settings" dalam boks "Performance". di menu "Advanced", anda dapat emnentukan ukuran file swap. Cara ini akan meningkatkan performa dan meng-update fungsi-fungsi baru.


1 komentar:

Dody Ariyanto mengatakan...

Lebih cepat lebih baik bro !!!!

Thank's

Blog Archive

Blog Archive