Senin, 01 November 2010

SEJARAH SINGKAT VIRUS KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA

Virus yang kalau dalam istilah biologi adalah penyakit. Di dalam dunia komputer, virus bisa juga dikatakan sebagai penyakit, bahkan terkadang penyakit yang mematikan. Dahulu, virus hanya berkembang di komputer-komputer lokal. Tapi, kali ini ceritanya sedikit berbeda. Seiring perkembangan internet yang sangat cepat, virus-pun sekarang membanjiri lalu lintas internet. Virus internet atau yang biasa disebut malware meningkat sangat drastis dari tahun ke tahun. Tidak ada yang bisa disalahkan dan tidak ada yang bisa mencegahnya.

Hm... Di artikel kali ini saya akan sedikit membagi informasi tentang sejarah singkat virus dan perkembangannnya dari dulu hingga saat ini. Mari kita lihat...

1949 >>> Teori "self modifying through machine" yang dikembangkan oleh John von Beumann menjadi basis teori untuk semua virus
1981 >>> stilah "Virus" diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1981 dalam sebuah percakapan antara Dr. Fred Cohen dan Profesor Leonard M. Adleman.
1983 >>> Peneliti Fred Cohen mendefinisikan fungsi virus untuk pertama kali dalam tesisnya yang berjudul "Computer Viruses - Theory and Experiment".
1986 >>> Salah satu vendor PC menyebarluaskan "brain", virus MS-DOS yang pertama.
1990 >>> "Chameleon" merupakan virus polymorph pertama. Virus ini mengubah dirinya setiap kali melakukan infeksi dan merupakan memory-resident virus terbesar yang berukuran 9 KBit dan dilengkapi dengan fungsi stealth.
2004 >>> Seorang mahasiswa berusia 18 tahun yang berasal dari Jerman Utara menyebarkan worm Sasser ke Internet. Microsoft menghadiahkan 250.000 Euro bagi mereka yang memberikan petunjuk mengenai pelakunya.
2005 >>> "Sober" merupakan emailer worm yang menyebarkan diri melalui melalui sebuah SMTP Server sendiri dan menggunankan alamat pengirim palsu. Worm ini mengaktifkan program Antivirus.


Tren Malicious Code
Trojan dan Downloader semakin mendesak virus yang sudah populer sebelumnya.

Jumlah Malware
Hm... Seperti yang sudah diprediksikan, jumlah malware pada tahun 2008 meningkat 13 kali lipat dibandingkan musim panas 2005 dan 3 kali lipat dibandingkan tahun 2007 yang lalu. Sebagian besar merupakan recycling ware.


Sumber : Symantec Threat Report

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive