Jumat, 29 Oktober 2010

Naruto Berasal Dari Jawa

Pasti banyak yang kaget pas baca judul artikel di atas, maklum aja tokoh anime Naruto yang terkenal itu kan berasal dari Jepang. Nah sebenarnya Naruto itu berasal dari Indonesia, tepatnya Pulau Jawa! Gak percaya? Simak penjelasan berikut ini!

Dalam bahasa Jepang, sejauh yang saya tahu, mereka tidak mengenal huruf mati selain huruf "n", itupun terbaca seperti "ng". Sedangkan untuk huruf yang lain (terutama untuk kata-kata serapan dari bahasa asing), jika mati maka akan ditambahkan huruf vokal "a, i, u, e, o" pada akhir konsonan yang dimatikan tersebut.

Misalnya pada kata "basket", pengucapan dengan bahasa Jepang akan menjadi "basuketto". Lalu ada "football" yang menjadi "futtobo-ru", "kid" menjadi "kiddo" dan lain-lain.

Nah, dengan menggunakan metode yang sama berarti kata "Naruto" itu berasal dari kata "Narto". Karena orang Jepang tidak bisa mengucapkan kata "Narto" dengan baik maka kata "Narto" itu berubah menjadi "Naruto".

Nah di dunia ini siapa pemilik nama "Narto" atau "Sunarto" selain orang Jawa? Hahahaha! Jadi kesimpulannya Narto eh Naruto itu adalah orang Jawa, maka kita patut berbangga hati! Hahahaha!

spoiler


Sumber from Maknyooos

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive