Sabtu, 23 Oktober 2010

Komentar anda adalah tambahan ilmu bagi saya

Kenapa manusia tetap melakukan dosa wlaupun mereka tahu kalo itu adalah dosa?
Karena "Nafsu". Kita sebagai manusia di anugrahi nafsu oleh Allah. Bahkan malaikat-pun tidak di ber nafsu oleh Allah. Nafsu ada yang bener dan ada yang ga bener. kalo yg bener si pasti dah pada tau lah (Nafsu Makan..XD)..nah kalo nafsu yg ga bener iu nafsu yg agak menjerumuskan bahkan sangat menjerumuskan kita ke hal-hal yang "buruk".. Nah, biar kita jadi orang2 yang bener, kita harus bisa meng-kontrol nafsu kita supaya kita tidak terbawa nafsu untuk melakukan hal yang buruk..Misalnya: "pergaulan bebas"..anak muda jaman sekarang apalagi remaja mudah terjerumus ke dalam hal yang ga bener dan emang ga bisa di anggap bener sama sekali...


Karena faktor "Ekonomi". misalnya ada sebuah keluarga miskin di bawah kolong jembatan (bukan koloong tempat tidur) penuh dengan hutang di sana sini...rentenir nagih bola-bali-bola kepada keluarga tersebut..sampai2 mengancam mau di proses secara hukum...ngga tahan ngerasainnya,,se-ekor anak, eh seorang anak dari keluarga tersebut ingin dapet uang yang mudah, cepat, dan menghalalkan segala cara..dia sampe2 mau mencuri demi menghidupi keluarganya tersebut..bahkan ada yang smpe jual diri (10 ribu 3,,obral..obral) demi dapet uang...nah,bayangkan..bila sesuap nasi yang kita makan dari pekerjaan tersebut mengandung 10 dosa, berapa dosa yang kita dapat dari sepiring nasi??(jadi agan kaskus mendadak kali...tapi juragan dosa)..walaupun di dunianya bkalan makmur,,bagaimana di akhirat nanti??
Karena paksaan atau ajakan. Sebenernya ini yang paling gampang dihindari..tapi maklum lah,,anak muda jaman sekarang, Gengsi Dooonk...apalagi remaja2 jaman sekarang...padahal aslinya mereka pinter..tapi mereka mau2nya di begoin sama orang bego..jadi ikut bego pula..Misal, ada sahabat namanya Upin dan Ipin..Si upin anaknya pinter dan rajin belajar..sedangkan si Ipin anaknya tukang mabok, judi, gaplek, togel, ngrokok, bahkan narkoba..suatu hari si ipin ngajak upin nongkrong di stadion..dengan pedenya si ipin mengeluarkan botol yang bertuliskan "Topi Miring" (seneng sing miring2)..si Upin emang pinter,,tapi ga tau masalah gituan..dengan lugunya dia bertanya: "heh bro,, ombenan opo kuwi??secang yo??"..si ipin menjawab: " anu kie dulure secang..jenenge ciu..rasane ra beda adoh si..tapi luwih joss timbang secang..njaluk ora?"...Upin: " ora lah..mbok sejenis karo miras"..Ipin: " njajal sit...nyesel nek ora njajal". Si Upin pun mencobanya...akhirnya dia "mendem" dan dia pun ikut ketagihan...dasar orang pinter..mau aja di begoi sm orang bego..


Kharisma Setyawan

0 komentar:

Blog Archive

Blog Archive